Jenis Jenis Reksadana

Jenis Jenis Reksadana -Reksadana Saham. Jenis dan macam reksadana yang sangat baik dijadikan sebagai investasi , pahami dengan tepat agar anda tidak mengalami kerugian dikemudian hari mari cek bersama , Setidaknya ada lima jenis investasi reksadana yang sudah dikenal umum oleh masyarakat pemodal, berikut rinciannya :

1. Reksadana saham

Reksadana saham adalah jenis  reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas (saham). Efek saham umumnya memberikan potensi hasil yang lebih tinggi berupa capital gain melalui pertumbuhan harga-harga saham dan deviden. Reksadana saham memberikan potensi pertumbuhan nilai investasi yang paling besar demikian juga dengan risikonnya.

2. Reksadana Campuran.

Reksadana campuran merupakan reksadana yang melakukan investasi dalam efek ekuitas dan efek hutang yang perbandingannya tidak termasuk dalam kategori reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham. Potensi hasil dan risiko reksadana campuran secara teoretis dapat lebih besar dari reksadana pendapatan tetap namun lebih kecil dari reksadana saham.

3. Reksadana Pendapatan Tetap.

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang malakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat hutang. Risiko investasi yang lebih tinggi dari reksadana pasar uang membuat nilai return bagi reksadana jenis ini juga lebih tinggi tetapi tetap lebih rendah daripada reksadana campuran atau saham.

4. Reksadana Pasar Uang.

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang melakukan investasi 80% pada efek pasar uang yaitu efek hutang yang berjangka kurang dari satu tahun, seperti SBI, deposito. Reksadana pasar uang merupakan reksadana yang memiliki risiko terendah namun juga memberikan return yang terbatas.

5. Reksadana Index

Reksadana Index adalah jenis reksadana yang isinya adalah sebagian besar dari index tertentu (tidak semua, yang penting merefleksikan index tersebut) dan dikelola secara pasif, artinya tidak melakukan jual beli di bursa, kecuali ada subscription baru atau redemption, oleh karenanya reksadana index biasanya keuntungan dan kerugiannya sejalan dengan index tersebut (jika ada selisih, biasanya selisihnya kecil).

Jika reksadana tersebut diperjualbelikan di bursa, maka disebut Exchange Traded Fund (ETF) dan harganya berfluktuasi tiap detiknya, sehingga sebenarnya mirip saham. Keduanya, baik reksadana index maupun ETF disebut pengelolaaan dana index dan di Amerika Serikat pada tahun 2013, mencakup 18,4% dari seluruh pengelolaan dana bersama (mutual funds)

Itulah jenis dan macam reksadana yang bisa dipertimbangkan oleh calon investor , anda bisa memahaminya lebih lanjut dengan melakukan konsultasi secara pribadi , pastikan pemahaman mengenai resiko telah dipertimbangkan dengan matang , sebab semua jenis reksadana tetap mengandung resiko.

Term Reksadana acak pencarian

Rekasadana investasi reksadana menabung di reksadana cara investasi reksadana tentang reksadana arti reksadana pengertian reksadana apa reksadana apakah yang dimaksud reksadana reksadana adalah reksadana ialah reksadana jangka panjang Rekasadana investasi reksadana menabung di reksadana cara investasi reksadana tentang reksadana arti reksadana pengertian reksadana apa reksadana apakah yang dimaksud reksadana reksadana adalah reksadana ialah reksadana jangka panjang